Pengertian Digital Printing & Kelebihannya Untuk Percetakan

Posted by : Admin / On : Senin,11 Januari 2021 / Comments : 0 / Views : 2945

Berikut pengertian Digital Printing mungkin belum banyak diketahui oleh masyarakat awam meskipun pada dasarnya mereka sudah banyak yang menggunakan layanan percetakan digital. Mendengar istilah digital pasti yang langsung terpikirkan oleh Anda adalah hal-hal yang berkaitan dengan teknologi. Dimana teknologi tersebut digunakan dalam dunia percetakan hingga akhirnya menjadi bisnis yang sangat membantu promosi dan perlengkapan dalam berbagai bidang usaha.

Mengenal Pengertian Digital Printing

Apa itu Digital Printing? Tak hanya bisa menggunakan layanan jasanya saja sebaiknya Anda juga mengetahui lebih jelas mengenai pengertian digital printing untuk menambah wawasan Anda. Digital Printing adalah metode dalam percetakan modern yang melibatkan teknik digital sebagai media transfer antara materi ke media percetakan. Secara lebih umumnya pengertian digital printing dapat disimpulkan sebagai proses cetak gambar yang sudah didesain menuju ke material atau media fisik.

Hadirnya teknologi terbaru dalam dunia percetakan ini pastinya akan membawa dampak positif pada berbagai tugas percetakan. Dimana usaha jasa percetakan kini bisa melakukan teknik percetakan secara profesional dengan menggunakan printer laser atau dengan inkjet. Pastinya hasil yang diperoleh akan lebih cepat, hemat waktu dan lebih terjangkau. Tak heran jika kini hampir semua percetakan sudah mulai menggunakan digital printing untuk menyelesaikan pesanan dari para konsumen.

Sebetulnya digital printing sudah berkembang sejak tahun 1990an yang menjadikan mesin digital printing kian berkembang hingga saat ini. Perkembangan zaman juga menjadikan digital printing bisa digunakan untuk mencetak media dari bahan semi plastik untuk luar ruangan seperti baner, baliho, spanduk dan lain sebagainya. Perkembangan dunia digital printing ini memberikan banyak keuntungan bagi para pemilik usaha karena media promosi bisa dibuat semenarik mungkin dengan biaya yang lebih murah.

Kelebihan Dan Kekurangan Digital Printing

Pastinya setiap jenis mesin memiliki kelebihan dan kekurangan. Apa saja kelebihan dan kekurangan percetakan digital? Berikut penjelasannya

Kelebihan Mesin cetak Digital

  • Dikarenakan mesin digital dapat diatur menggunakan komputer sehingga proses pengerjaan jauh lebih cepat.
  • Jumlah yang akan dicetak bisa diatur di dalam software mesin digital sehingga pelanggan bisa mencetak sesuai dengan kebutuhan.
  • Mesin cetak digital dapat mencetak 1 lembar terlebih dahulu untuk proses proofing sebelum mencetak masal.
  • Mesin digital tidak memerlukan tenaga ahli yang berpengalaman dalam menjalankannya sehingga pengusaha percetakan tidak tergantung dengan keahlian operator
  • Dikarenakan mudahnya pengoprasian mesin digital, sehingga banyak pengusaha awam yang mulai membuka usaha percetakan digital.
  • Mesin Cetak digital mampu mencetak bahan bahan yang sama dengan mesin cetak offset, sehingga banyak pengusaha yang lebih memilih berinvestasi di mesin cetak digital.

Kekurangan Mesin Cetak Digital

  • Jika menghitung biaya modal cetak, biaya untuk memproduksi dengan mesin digital lebih tinggi dibandingkan dengan percetakan offset atau sablon.
  • Mudahnya dalam menjalankan mesin digital membuat banyak pengusaha membuka usaha yang sejenis, sehingga persaingan menjadi semakin ketat.
  • Harga jual kembali yang sangat rendah membuat mesin kurang diminati bagi sebagian pengusaha percetakan.
  • Membutuhkan maintenance yang lebih dibandingan dengan mesin cetak offset.
  • Cepatnya perkembangan mesin cetak digital membuat orang kesulitan dalam mengejar omset untuk balik modal.

6 jenis Digital Printing yang Populer Di Indonesia

Membahas tentang pengertian digital printing tak lengkap rasanya jika tak membahas tentang jenis-jenis digital printing. Perlu Anda ketahui bahwa jenis digital printing yang ada saat ini dibagi dalam beberapa jenis sesuai dengan jenis mesin yang digunakan. Berikut ini akan diinformasikan jenis digital printing yang bisa menambah wawasan Anda.

1. Inkjet Printer

Inkjet Printer Pixma Pro 100

Printer Injket adalah printer yang sering kita temui di kantor atau di rumah. Printer ini sering digunkan untuk kebutuhan bisnis percetakan. Usaha Foto kopi adalah sebuah usaha yang sering menggunakan printer berjenis ini. Selain itu, printer inkjet juga banyak digunakan binis UMKM untuk membuat souvenir seperti Mug, Undangan Pernikahan, Cetak foto dan lainnya.

2. Plotter Machine Atau Mesin Plotter

Jenis digital printing – Plotting Machine

Merupakan mesin digital printing yang digunakan utuk mencetak media yang lebar. Mesin ini tersedia dalam berbagai merek dan ukuran 1.5 meter, 3.2 meter sampai dengan 5 meter yang bisa digunakan untuk mencetak berbagai media promosi. Sedangkan jenis tinta yang digunakan juga beragam mulai dari tinta Dye atau Pigmen, Solvent, ecosolvent dan UV. Masing-masing tinta tersebut memiliki kekhasan masing-masing yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan Anda.

3. Digital Offset

Fuji Film Jet Press 750s

Mesin digital printing yang satu ini mampu menghasilkan cetakan dengan ukuran A4 hingga A0. Biasanya mesin ini digunakan untuk mencetak buku, cetak kalkir, peta dan lain sebagainya. Mesin ini dapat bekerja secara cepat untuk menghasilkan cetakan sesuai dengan desain yang dipesan.

4. Flatbed Printing

Flatbed Printer – Teknik cetak pada media yang tebal

Jenis Digital printing ini di khususkan untuk mencetak di media tebal seperti kayu, kaca, keramik dan kaca akrilik. Dengan menggunakan teknologi tinta UV, mencetak dengan menggunkan printer Flatbed bisa langsung kering seketika dan gambar bisa bertahan untuk waktu yang lama.

5. Sablon Digital Atau Sablon DTG

Jenis Digital Printing Sablon DTG

Teknik cetak digital ini tergolong baru dunia percetakan, akan tetapi sangatlah populer dikarenakan biaya oprasional yang cenderung murah. Mesin ini bisa mencetak langsung diatas permukaan kain seperti katun, polyester. Jenis printer ini menggunakan tinta Neo Pigmen Kornit yang mampu menghasilkan kualitas cetak yang sempurna.

6. 3D Printing

Ilustrati 3D Printing

Mulai dikenalkan di Indonesia pada tahun 2013, 3D printing menjadi sebuah teknologi baru yang aplikasinya banyak digunakan diberbagai industri. Mesin cetak ini menggunakan bahan photopolymer dan dapat menghasilkan sebuah objek tiga dimensi sesuai dengan keinginan. Jenis digital printing ini memang belum banyak peminatnya dikarenakan kebutuhan pasar yang masih sedikit. Semoga mesin cetak 3D bisa menjadi mesin primadona kedepannya.

Bagi Anda yang sering berkutat dengan digital printing sebaiknya ketahui pengertian digital printing hingga jenis-jenisnya. Dengan begitu wawasan Anda akan bertambah serta memudahkan Anda dalam memilih media cetak yang tepat untuk promosi Anda. Sekian penjelasan mengenai apa itu Digital Printing yang harus Anda ketahui.

Sumber : https://solusiprinting.com/pengertian-digital-printing-kelebihannya-untuk-percetakan/


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *