5 Tanda LCD Laptop Anda Bermasalah

Posted by : TOKO ZOOM / On : Sabtu,24 Oktober 2020 / Comments : 0 / Views : 1226

Liquid Crystal Display atau yang biasa disebut LCD pada laptop merupakan periferal yang memegang peranan penting dalam beroperasinya sebuah Laptop, komputer, maupun perangkat elektronik lainnya.

LCD berfungsi menampilkan keluaran (output) yang biasanya dalam bentuk gambar, dengan beragam kualitas gambar. Karena itulah LCD harus dijaga dan dirawat dengan baik sehingga anda dapat menggunakan Laptop secara optimal dan maksimal.

Jika LCD mulai bermasalah, maka hal ini tentu saja akan mengganggu kinerja perangkat anda. Mari kita sempitkan pembahasan pada LCD Laptop saja.

Apabila LCD Laptop mulai bermasalah, maka anda mungkin akan terganggu dengan hasil output gambar yang dihasilkan oleh LCD, bahkan jika kerusakan LCD lebih parah, anda bisa saja kehilangan LCD laptop anda.

Untuk melakukan tindakan preventif dan untuk menambah wawasan indikasi yang ditunjukkan oleh LCD laptop yang mulai bermasalah, simaklah penjelasan di bawah ini yang akan membahas mengenai tanda tanda LCD Laptop mulai bermasalah.

Tanda Tanda Umum LCD Laptop Mulai Bermasalah

Terdapat Goomy

Tanda tanda yang umum mengindikasikan bahwa LCD laptop mulai mengalami permasalahan adalah dengan munculnya Goomy. Goomy merupakan bercak atau noktah putih yang ada pada layar LCD anda. Biasanya Goomy terlihat lebih terang dibandikan bagian LCD lainnya. Ukuran Goomy beragam, namun pada umumnya Goomy muncul dengan ukuran kecil dan nampak jelas pada LCD.

Apabila masih terdapat satu titik, kerusakan masih digolongkan belum terlalu parah, namun jika sudah muncul banyak titik, maka dapat dikategorikan sebagai kerusakan yang cukup parah. Pada awalnya, titik dengan jumlah yang banyak akan mengganggu pandangan sebelum akhirnya bisa menyebabkan kematian total pada LCD anda.

LCD Pecah

Kelalaian pengguna biasanya terkait dengan masalah LCD ini. LCD yang pecah akan mengganggu penampilan gambar. Selain itu, LCD yang pecah juga dapat memicu munculnya error lainnya seperti noktah hitam yang menutupi output, bergaris, dan lain lain.

Jika LCD sudah pecah, perlakukan laptop dengan hati hati, karena meski awalnya hanya ada satu titik saja yang pecah, dengan tekanan sedikit saja pada sisi lainnya, keretakan dan pecah bisa menyebar. Satu satunya pertolongan yang dapat dilakukan untuk menangani masalah ini hanyalah mengganti LCD.

LCD Bergaris Horisontal atau Vertikal

Kerusakan yang paling sering terjadi pada LCD laptop. Apabila kita menyalakan laptop, akan muncul garis membujur atau melintang. Kerusakan semacam ini bersifat tetap, maksudnya, kerusakan ini diawali dengan munculnya satu garis tipis, dan akan terus berlanjut muncul sebelum diperbaiki dengan benar, sehingga tampilan bisa terganggu oleh garis garis.

LCD Blank

Dalam hal ini, LCD hanya akan menampilkan warna hitam atau putih, atau warna lainnya dan tidak menampilkan aktifitas apapun. Untuk memeriksa apakah ini murni kerusakan atau bukan bisa dilakukan dengan menghubungkan laptop ke Proyektor, jika tampilan dapat keluar, maka dapat dipastikan LCD laptop anda mengalami masalah.

Permasalahan ini bisa ditangani dengan pertolongan pertama berupa membongkar LCD dan melepas kabelnya, kemudian memasangnya lagi. Jika permasalahan berlanjut, maka bisa dicoba untuk mengganti LCD anda.

LCD Bergoyang (Flicker)

LCD bergoyang atau Flicker adalah munculnya garis garis pada LCD dan gambar abstrak diikuti dengan tampilan LCD yang bergoyang atau bergetar. Biasanya hal ini terjadi karena pemasangan LCD yang belum tepat pada sudut tertentu.

Dead Pixel

Dead Pixel merupakan permasalahan LCD yang cirinya tidak bisa menampilkan warna dengan baik. Umumnya warna yang ditampilkan adalah warna kebalikan atau warna lain daripada warna yang seharusnya. Beda kasus ini dengan Goomy adalah titik titik yang muncul kecil kecil dan berwarna.

Demikianlah 5 tanda umum ketika LCD laptop anda mulai bermasalah, jaga dan rawat LCD anda agar tidak mengalami hal yang dimaksud di atas. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

Sumber : https://www.tribunnews.com/tribunners/2016/11/17/5-tanda-lcd-laptop-anda-bermasalah?page=3


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *