15 Cara Tebaik Merawat Laptop dengan Benar Agar Tahan Lama dan Awet

Posted by : Admin / On : Jumat,29 Januari 2021 / Comments : 0 / Views : 1410

Saat ini laptop sepertinya sudah bukan menjadi barang mahal lagi, kini banyak tersedia dipasaran mulai low end hingga high end. Banyak orang sudah memilikinya baik hanya digunakan untuk gaya hidup, untuk bisnis, maupun untuk alat penunjang kebutuhan sekolah untuk siswa maupun mahasiswa. Namun sebagian banyak orang tidak mengerti bagaimana cara merawat laptop dengan baik an benar. Atau malah mereka jarang sekali memperhatikan kondisi laptop mereka. Padahal, daya tahan laptop berbeda jauh dengan PC yang cenderung kuat dan tahan lama.

Untuk merawat laptop anda tida perlu khawatir dan tidak perlu membawa laptop anda ke tukang service secara berkala. Namun anda dapat merawat sendiri laptop kesayangan anda tanpa harus membayar tukang service. Lalu bagaimana cara merawat laptop sendiri? Tenang temans.. berikut ini akan penulis bagikan tips dan cara merawat laptop anda agar tetap awet dan tahan lama.

Gunakan Stabilizer listik

Untuk anda yang bekerja menggunakan laptop tapi dengan melepas baterai ada baiknya anda tambahkan stabilizer. Stabilizer berfungsi untuk menjaga arus agar tetap stabil. sehingga kenyamanan anda bekerja dengan laptop terus terjaga.

Gunakan Tas yang tepat

Untuk para pelajar dan mahasiswa yang sering menbawa laptop di dalam tas, utamakan tas yang digunakan sudah tepat. Sebaiknya gunakan tas khusus yang didesain untuk laptop. Agar laptop anda tetap terlindungi.

Hindari Makan dan Minum didekat Laptop

Buat yang suka ngemil, perhatikan hal ini ya.. Hindarilah makan dan minum dekat laptop, karena cairan dan makanan yang tidak sengaja tumpah dan mengenai keyboard dan masuk ke komponen.

Jangan Letakkan Laptop di Lantai

Banyak debu yang beterbangan yang memungkin akan masuk ke dalam laptop. serta jauhkan dari jangkauan dari anak kecil dan binatang peliharaan. Resiko terinjak akan dangat besar.

Bersihkan laptop secara berkala

Hal ini yang sering sekali dilakukan oleh pemiliki laptop, membiarkan laptop dalam keadaan kotor itu berarti memperpendek umur laptop. Usahakan secara rutin bersihkan layar dan keyboard laptop anda.

Jangan terlalu lama nyalakan Laptop

Menyalakan laptop terlalu lama secara nonstop tentu bukannlah hal yang baik. Hal itu dapat membuat laptop anda overheat dan mengakibatkan daya tahan laptop semakin berkurang. Ada baiknya anda gunakan cool pads, untuk membuat suhu laptop anda tetap stabil.

Jangan paksa laptop untuk menjalankan aplikasi atau game yang berat

Jangan menjalankan aplikasi atau game berat di laptop kecuali laptop anda memiliki spesifikasi yang memenuhi spec yang sudah ditentukan app dan game tersebut. Karena app dan game berat dibuat untuk komputr. Jika kita memaksas untuk menggunakannya hal tersebut kerja processor, ram vga akan sangat berat dan membuat laptop cepat panas.

Jangan gunakan laptop di atas Kasur

Memang nyaman rasanya menggunakan laptop di atas kasur. Namun perlu diperhatikan, bahwa menggunakan laptop diatas kasur menyebabkan panas dari laptop tidak keluar sempurna sehingga laptop mengalami overheat.

Jangan menaruh barang berat pada laptop

Kebiasaan ini sering di anggap sepele oleh kita. Padahal hal tersebut sangat fatal dan mengakibatkan kerusakan pada layar dan komponen lainnya.

Bersihkan Optical Drive laptop

Harus kita ketahui tempat bersarangnya debu lainnya adalah Optical Drive/DVD ROM. Jangan lupa untuk membersihkan debu-debu yang menempel didalamnya secara rutin.

Jangan gunakan koneksi internet saat hujan lebat.

Pada umumnya setiap koneksi internet mempunyai pengaruh pada cuaca. Jika jaringan komputer tersambar petir hal tersebut juga berdampak pada laptop anda

Matikan laptop sesuai dengan ketentuan

Jangan matikan laptop anda denagn cara menekan tombol power, usahakan matikan sesuai dengan ketentuannya.

Jangan gunakan laptop sampai baterai kosong hingga 0%

Hal tersebut bakal memperpendek umur baterai laptop. Jadi jika laptop hampir benar benar low usahakan lekas charger kembali.

Atur tingkat kecerahan layar monitor

Gunakanlah kecerahan yang anda rasa nyaman dilihat. Jika kita gunakan kecerahan secara berlebihan, hal tersebut akan membuat daya baterai laptop cepat turun.

Gunakan alas permukaan yang datar

Hal ini sangat penting, saat laptop menyala otomatis piranti didalamnya akan berputar. Terlebih jika laptop dalam kondisi miring, dikhawatirkan piranti yang berputar dapat menggores komponen didekatnya. Hal tersebut sangat beresiko untuk laptop anda.

Sekian infomasi yang dibagian terkait cara merawat laptop, semoga artikel ini bermanfaat

Sumber : https://www.pro.co.id/15-cara-tebaik-merawat-laptop-dengan-benar-agar-tahan-lama-dan-awet/


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *