Pengertian dan Perbedaan Hardisk Dengan SSD

Posted by : TOKO ZOOM / On : Jumat,27 Maret 2020 / Comments : 0 / Views : 2689

Anda mungkin pernah bertanya-tanya bagaimana bisa Anda menyimpan ratusan atau ribuan file dalam sebuah laptop atau menyimpan ribuan lagu dalam iPod. Semua ini bisa dilakukan berkat adanya hard disk drive (HDD). Hard disk sendiri diciptakan 50 tahun yang lalu dan telah digunakan di komputer sejak tahun 1980-an. Di artikel ini kami akan membahas tentang hard drive dengan lebih detail lagi.

Apa itu Hard Disk?

Hard disk adalah sebuah hardware yang biasa digunakan untuk menyimpan data di sebuah komputer atau laptop. OS, software dan kebanyakan file semua disimpan di drive hard disk. Bagi Anda yang menggunakan Windows mungkin Anda familiar dengan sebutan drive C karena Microsoft Windows secara default memilih drive C sebagai partisi utama untuk hard drive komputernya. Selain itu, ada juga drive D atau E yang mewakili satu atau lebih area hard drive.

Jenis-Jenis Hard Disk Komputer

Berbagai jenis hardware yang diproduksi saat ini bergantung dengan jenis komputernya. Faktor utama yang menentukan karakteristik fisik dan teknis hard drive adalah berapa banyak ruang yang tersedia di PC, kecepatan yang diperlukan untuk mentransfer data, dan jumlah ruang penyimpanan itu diperlukan. Tipe hard disk PATA, SATA, dan SCSI adalah tiga jenis hard drive yang paling sering digunakan di komputer saat ini.

Parallel Advanced Technology Attachment (PATA)

Drive jenis ini juga dikenal sebagai Integrated Drive Electronics (IDE) dan Enhanced Integrated Drive Electronics (EIDE). Label-label ini berhubungan dengan jenis interface yang digunakan untuk menghubungkan disk drive ke CPU board. Drive ini menggunakan kabel 40 atau 80 kawat dengan konektor 40-pin. 40 kabel kawat digunakan dalam hard disk yang lebih tua dan lebih lambat, sedangkan 80 kabel kawat digunakan dalam yang lebih cepat. Saat ini, PATA hard disk memang banyak digantikan dengan hard disk SATA.

Serial ATA (SATA)

Hard disk ini menggunakan konektor yang sangat berbeda jika dibanding dengan PATA. Mereka juga menggunakan adaptor daya yang berbeda dari IDE. Perbedaan utama antara hard disk jenis SATA dan PATA adalah bahwa yang pertama lebih tipis dan konon memiliki interface data yang lebih cepat daripada yang terakhir. Namun demikian, ketidaksamaan kecepatan ini tidak dapat dibedakan dalam drive PATA dan SATA yang memiliki peringkat RPM yang sama. Drive SATA lebih efisien, dan menggunakan lebih sedikit daya.

Small Computer System Interface (SCSI)

Hard disk ini mirip dengan hard drive IDE. Mereka juga berputar pada tingkat yang lebih tinggi dibandingkan dengan IDE dan SATA. Drive IDE dan SATA umumnya berputar dengan kecepatan 7.200 rpm, sedangkan SCSI berputar pada kecepatan 10.000 hingga 15.000 rpm. Sampai saat ini, ada juga hard drive SATA yang memiliki kecepatan 10.000 rpm. Semakin tinggi RPM-nya, semakin cepat akses data, tetapi juga dapat menyebabkan kerusakan yang lebih cepat. SCSI hard disk membutuhkan pengontrol yang mengoperasikan interface antara drive dan motherboard komputer.

HDD vs SSD: Apa bedanya?

Kalau sedang membicarakan hard disk, mungkin Anda juga pernah mendengar istilah SSD. Apa itu? SSD adalah singkatan dari Solid State Drives. Berbeda dengan jenis hard disk yang sudah disebutkan, hard drive yang satu ini tidak terdiri dari komponen bergerak. SSD menggunakan semikonduktor untuk melakukan fungsi penyimpanan data. Karena tidak ada komponen yang bergerak, SSD bekerja jauh lebih cepat dan memiliki kemungkinan rusak yang lebih kecil. Tetapi harganya memang sedikit lebih mahal jika dibanding hard drive lainnya. Lalu adakah perbedaan lain antara Hard Disk Drive dan Solid State Drives ini?

Kalau Anda ingin membandingkan harga, HDD memang lebih murah dibanding dengan SSD. Tetapi memang tidak bisa dipungkiri bahwa dengan harga yang lebih murah, HDD memiliki beberapa kekurangan jika dibanding dengan SSD. HDD biasa membutuhkan lebih banyak tenaga, memiliki kemungkinan kerusakan yang lebih tinggi, dan tidak bekerja secepat SSD. Memang hal ini tidak bisa dihindari karena HDD adalah komponen dalam sebuah perangkat.

Dalam beberapa tahun terakhir, produsen HDD terus mengembangkan teknologi HDD agar bisa terus menyimpan lebih banyak informasi pada piringan hard drive. Karena produsen HDD mencoba untuk mengalahkan satu sama lain, konsumen mendapatkan manfaat dari ukuran drive yang lebih besar dan lebih besar. Salah satu tekniknya adalah mengganti udara dalam drive dengan helium, yang mengurangi pengurangan gesekan dan mendukung densitas areal yang lebih besar. Teknologi lain yang akan mulai muncul adalah menggunakan perekaman magnetik dengan bantuan panas (HAMR). HAMR mencatat secara magnetis menggunakan bantuan laser-termal yang pada akhirnya dapat mengarah ke drive 20 terabyte pada tahun 2019.

Dewaweb cashback 30%

Semakin ketatnya persaingan dan perlombaan untuk menempatkan lebih banyak penyimpanan data untuk HDD memastikan bahwa HDD akan terus ada untuk beberapa tahun ke depan.

Sementara itu, SSD selalu dianggap jauh lebih tahan lama daripada HDD karena kurangnya komponen mekanis. Mekanisme pemindahan dalam HDD rentan terhadap tidak hanya kerusakan dari waktu ke waktu, tetapi juga kerusakan karena gerakan atau kontak yang kuat. Jika seseorang menjatuhkan laptop dengan HDD, ada kemungkinan besar bahwa semua bagian yang bergerak itu akan bertabrakan, mengakibatkan kehilangan data dan bahkan kerusakan fisik yang dapat membunuh HDD secara langsung. SSD tidak memiliki bagian yang bergerak jadi mereka bisa bertahan lebih lama jika dibandingkan dengan HDD.

SSD sendiri memang cocok digunakan untuk hal-hal berikut ini:

  • Notebook dan laptop
  • Boot drive yang memegang sistem operasi dan aplikasi, karena ini akan mempercepat booting dan peluncuran aplikasi
  • File kerja (media yang sedang diedit: contohnya foto, video, audio, dan masih banyak lagi)
  • Swap drive di mana SSD akan mempercepat paging disk
  • Cache drives
  • Database server
  • Memperbarui komputer yang lebih tua. Jika Anda memiliki komputer sudah mulai bekerja dengan lambat memperbarui boot drive dengan SSD bisa membuat komputer lama Anda terasa baru

Simpulan

Di artikel ini kami sudah membahas tentang HDD. Sebagai salah satu komponen penting yang ada pada device Anda, tidak ada salahnya Anda mengenal HDD lebih jauh. Selain itu, kami juga sudah membahas perbedaan antara HDD dan SSD. Memang terlihat bahwa HDD dan SSD memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.  Jika Anda hanya memerlukan untuk komputer rumah atau bisnis Anda tanpa perlu storage yang tinggi, Anda bisa memilih SSD. Sementara, HDD lebih baik digunakan untuk secondary drive, NAS, RAID, dan perangkat cadangan di sistem Anda. Kalau Anda ingin berbagi pengetahuan tentang HDD, jangan sungkan untuk meninggalkan komentar di kolom komentar di bawah ya! Semoga membantu!

Sumber: www.dewaweb.com

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *